Blog

Latest News

Data type pada PHP - IM Creative Studio

A. Tipe Data

Hal yang tak kalah pentingnya dalam belajar PHP adalah mengenal tipe data, PHP memiliki 8 jenis tipe data yang terdiri dari Tipe Data Numerik, karakter, dan tipe data spesial. Berikut ini adalah pembahasan tentang Tipe Data:

1. Integer

Integer merupakan tipe bilangan bulat atau bilangan yang tidak memiliki nilai di belakang koma, contoh bilangan integer adalah 100, 1283, 9999 dst. tipe data integer tidak dapat di masukan karakter huruf dan juga tidak bisa di masukan nilai bilangan pecahan jika bilangan pecahan di masukan maka akan terpotong hanya bilangan yang ada di depan koma yang dapat masuk, contoh anda memiliki bilanga 555,23 lalu anda memasukan kedalam Tipe Data integer maka yang akan masuk hanya 555, contoh penulisan variabel yang memiliki Tipe Data Integer :

<?php
$a = 12345;
$b = 5000;
?>

2. Doubles/Float/Real

Tipe Data ini merupakan Tipe Data yang memuat bilangan pecahan dan bilangan bulat Float memiliki sedikit perbedaan dengan integer, perbedaanya hanya terdapat di koma jika integer tidak dapat menerima masukan koma maka Doubles/Float/Real kebalikanya Tipe Data ini dapat menerima koma. Namun yang perlu pembaca perhatikan pada saat nanti penilisanya komputer tidak mengenal "," dan koma itu sendiri di gantikan dengan "." (titik), Contoh penulisan tipe data ini adalah :

<?php
$a = 123.45;
$phi = 3.14;
?>

3. Boolean

Tipe data yang selanjutnya adalah Tipe Data Boolean yang hanya memiliki 2 nilai yaitu TRUE/FALSE atau BENAR/SALAH atau juga HIDUP/MATI, Tipe Data ini biasanya digunakan untuk menetukan sebuah kondisi. Contoh penulisan serta penggunaan Tipe Data Boolean di PHP :

<?php
if(TRUE){
echo "Ini Tipe Data Boolean";
} else {
echo "ini Tipe Data Integer";
}

4. Null

Tipe Data yang satu ini hanya memiliki satu nilai yaitu NULL atau kosong, berikut merupakan contoh penggunaan Tipe Data NULL di PHP:

<?php
$a = null;
?>

5. String

Tipe Data yang selanjutnya adalah tipe data yang memuat segala karakter huruf, angka, simbol, Tipe Data ini memiliki ciri pada penulisan yang di apit oleh kutip. Berikut merupakan contoh penggunaan Tipe Data String di PHP:

<?php
$a = "Aku seorang Coders";
$b = "jumlah dari 5 di tambah 5 adalah 10";
?>

6. Array

Tipe data ini adalah salah satu tipe data yang dapat menghubungkan kata kunci dengan nilai, Tipe Data ini akan kita bahas lebih detil pada artikel Array Pada PHP.

 

7. Object

Tipe Data selanjutnya adalah Tipe Data yang menyimpan data dan informasi tentang cara mengolah data tersebut. Berikut adalah Contoh penggunaan Object di PHP :

<?php

class Creative{
    
    var $str;  
}
 
// membuat object pesan. ini disebut instansiasi
$pesan = new Creative();
$pesan->str="Hello Wordl!"; //memberikan nilai utk properti str pada objek pesan
echo $pesan->str; // mencetak nilainya (pengolahan data)
?>

Pada Contoh diatas object pesan memberikan nilai untuk property str dengan mengakses langsung property-nya, kemudian untuk mencetak nilainya juga langsung mengakses propertynya.

8. Resource

Tipe data yang jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia ber-arti "Sumber Daya" ini adalah tipe data spesial yang mereferensikan keterkaitan luar melalui fungsi, berbeda dengan tipe data lainya tipe data ini berbentuk sebuah fungsi. berikut adalah daftar beberapa fungsi yang masuk kedalam tipe data Resource PHP :

mysqli_connect()

digunakan untuk menghubungkan ke database SQL.

ftp_connect()

digunakan untuk menghubungkan dan membuka protokol FTP.

imagerotate()

 

 

Related Posts

Facebook Comments

Color Switcher